Pemakaman Al Azhar Memorial Garden

Pemakaman Al Azhar Memorial Garden - Orang kaya seharusnya berlomba-lomba untuk memberikan tanah wakaf untuk pemakaman kaum muslimin. Bukan untuk bermegah-megahan, pamer, apalagi dijadikan ajang bisnis yang menawarkan prestise. Mau tiru kuburan Cina?

Mungkin belum banyak yang tahu, beberapa waktu lalu, Yayasan Al Azhar meluncurkan pemakaman mewah khusus muslim di Kawasan Karawang Timur yang bernama Al Azhar Memorial Garden. Harga yang ditawarkan untuk pemakaman ini dibandrol dari Rp 21 juta hingga Rp 199 juta. Wuiihhh….! Kuburan atau Istana?

Marketing Promotion Al Azhar Memorial Garden, Rina mengungkapkan pemakaman ini dikhususkan untuk umat muslim saja."Kita nggak bidik target khusus, selama orang itu muslim boleh, tapi kalau ada suami istri dan salah satunya non muslim itu nggak boleh di sini," ungkap Rina kepada wartawan.
Harga yang ditawarkan Al Azhar bervariasai, tergantung tipe dari pemakamannya. Kompleks pemakaman ini memiliki 3 kelas kavling yakni tipe single untuk 1 orang dengan luas tanah 4,5 meter persegi, double untuk 2 orang dengan luas tanah 13,65 meter persegi, dan family untuk 4 orang dengan luas tanah 26,52 meter persegi.

"Single Rp 21,9 juta, double Rp 72 juta, family Rp 199 juta. Yang family lebih mahal karena luas tanah dan dia lebih dekat ke pintu gerbang. Semua sudah termasuk maintenance, PPN. Dan sekali bayar itu berlaku untuk selama-lamanya. Nggak ada biaya perpanjangan, biaya perawatan, semua Al Azhar sudah menanggung dan mendapatkan sertifikat hak guna pakai lahan,"tambahnya.

Pemakaman mewah Al Azhar Memorial Garden
 
Pemakaman mewah menjadi tren di Indonesia. Menyusul pembangunan San Diego Hills Memorial Park, pemakaman mewah terbesar di Karawang, Jawa Barat, lima tahun lalu, sejumlah pengembang juga membangun pemakaman mewah sebagai "rumah peristirahatan terakhir" orang-orang kaya di Indonesia.

San Diego dimiliki oleh Lippo Group. Mereka membidik orang-orang dengan pendapatan yang tidak akan pernah habis. Pemakaman seluas 500 hektare ini memiliki fasilitas yang tak kalah dengan kawasan perumahan modern. Ada kolam renang, lintasan lari, restoran Italia papan atas, helipad, dan 8 hektare “danau malaikat” yang dilengkapi dengan perahu dayung.

Pemakaman Giri Tama di Tonjong, Bogor, Lestari Memorial Garden di Karawang, dan Al Azhar Memorial Garden juga di Karawang, mengikuti jejak San Diego. Al Azhar Memorial Garden merupakan pemakaman mewah pertama khusus muslim yang dibentuk Yayasan Al-Azhar. Fasilitas pemakaman ini dilengkapi dengan masjid, arena bermain anak-anak, gedung serbaguna, dan arena food court. Tarif makam seluas 1,5 x 3 meter untuk satu orang sekitar Rp 23 juta, tanpa tambahan biaya perawatan. Tentu lebih tinggi ketimbang biaya pemakaman di taman pemakaman umum milik pemerintah provinsi, yaitu sekitar Rp 6 juta dengan biaya perawatan Rp 50 ribu per bulan.

Direktur Pemakaman Al Azhar Memorial Garden, Rachmat Effendi Achlil, mengatakan, bisnis pemakaman mewah tak berbeda dengan bisnis properti. “Kami juga membangun lanskap, membangun jalan, jembatan, dan rumah. Rumah ini tentu saja untuk mereka yang telah berpulang
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pemakaman Al Azhar Memorial Garden"

Paket Terpopuler

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top